Kabar

SANGU PATUJU GANDENG GILANG RAMADAN DI PALU SALONDE PERCUSSION

Sangu Patuju, komunitas musik perkusi multietnis pertama di Palu, Sulawesi Tengah, menggandeng mantan penggebuk drum God Bless, Gilang Ramadan Kartahadirmadja dalam pementasan pembuka Palu Salonde Percussion, pada Jumat, 10 Agustus 2018. Kurator Palu Salonde Percussion, Smiet Lalove menyatakan, ini merupakan kali ketiga Sangu Patuju berkolaborasi dengan Gilang Ramadan. Sebelum ini, Sangu Patuju pernah bekerja sama dengan suami Shahnaz Haque tersebut pada Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) 2016 dan 2017.

Oleh karena itu, Smiet meyakinkan kolaborasi di antara keduanya tidak akan sulit. Seperti dua tahun terakhir, Gilang akan bermain dengan drum khusus yang sudah dimodifikasi sehingga dapat menghasilkan bebunyian khas daerah Palu.

“Pengalaman kolaborasi dua tahun dengan Mas Gilang sukses. Kami langsung klop tanpa latihan,” kata Smiet. Musisi perkusi itu berharap, kali ini pun mereka bisa berpadu harmonis. Meski begitu, penampilan kali ini diakui Smiet butuh persiapan lebih. Dalam hal ini Smiet berperan sebagai komposer. Selain harus memikirkan komposisi gebukan drum Gilang supaya berpadu dengan bunyi-bunyian perkusi, Smiet juga perlu mempersiapkan penampilan Gilang saat tampil solo.

Gilang Ramadan rencananya juga akan tampil di pagelaran lokakarya komposisi perkusi bertajuk “Karya Tanpa Batas” di Taman Budaya Propinsi Sulawesi Tengah pada Minggu, 12 Agustus 2018 pukul 10.00-12.00 WITA. Ia diminta menjadi mentor bersama komposer internasional Sutrisno Hartana.

Menu