Kabar

INDONESIANA DI FESTIVAL KAMPUNG ADAT FOHO RAI

FESTIVAL FULAN FEHAN
INDONESIANA DI FESTIVAL KAMPUNG ADAT FOHO RAI


Tahun 2018 ini, platform Indonesiana menghimpun 13 kegiatan besar di 9 daerah, salah satunya Festival Fulan Fehan di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, yang akan digelar di sepanjang bulan Juli.

Bupati Belu menjelaskan komitmennya dalam pelaksanaan Festival Fulan Fehan yang memiliki beberapa rangkaian kegiatan, termasuk di dalamnya Festival Kampung Adat Foho Rai yang akan dilaksanakan pertama kali pada 3 Juli 2018.

Tim Indonesiana melihat bahwa perlu adanya pendampingan untuk Festival Kampung Adat Foho Rai di Belu dengan melakukan lokakarya bertema "Penguatan Kapasitas Penyelenggaraan Festival". Diselenggarakan selama 3 hari dari tanggal 24 s.d. 26 Mei 2018, lokakarya ini dibagi menjadi 4 topik besar : Pengelolaan Pengetahuan, Kurasi dan Kuratorial, Produksi, serta Humas dan Publikasi; dan dalam beberapa agenda: presentasi pengetahuan oleh narasumber, diskusi kelompok terpumpun, sesi tanya-jawab, serta presentasi pengetahuan dan hasil diskusi oleh masing-masing kelompok.

Lokakarya ini pun memberikan kesan yang positif terhadap para peserta yang terdiri dari para praktisi seni dan budaya, pemangku kebijakan, pemangku adat dan anak muda yang hasrat memajukan ekosistem kebudayaan. Mereka merasakan adanya kepemilikan dalam membuat sebuah festival dan merasa mendapatkan informasi baru dalam menyelenggarakan sebuah kegiatan. Mereka pun berharap dengan adanya lokakarya ini festival-festival berikutnya dapat dilaksanakan dengan perencanaan yang lebih baik.


Menu