Kabar

GOTONG-ROYONG MEMBANGUN STRATEGI HUMAS & PUBLIKASI

INTERNATIONAL GAMELAN FESTIVAL
GOTONG-ROYONG MEMBANGUN STRATEGI HUMAS & PUBLIKASI

Mengusung tema "homecoming", International Gamelan Festival tahun ini diharap mampu menjadi semacam arena mudik bagi kelompok-kelompok gamelan yang telah berdiaspora di berbagai belahan dunia.


International Gamelan Festival (IGF) merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan di bawah platform Indonesiana dan yang akan dihelat 9 - 17 Agustus 2018 di tanah sucinya, Solo.

Salah satu program Indonesiana ialah penguatan penyelengaraan festival. Terkait IGF, penguatan yang diberikan oleh Tim Indonesiana adalah penyusunan strategi humas dan publikasi dalam rangka menggalang partisipasi masyarakat dan memperkuat ekosistem budaya dalam penyelenggaraan IGF. Kegiatan penguatan humas dan publikasi ini diselenggarakan selama 2 hari di Solo pada tanggal 11 - 13 Mei 2018 dalam suasana yang sangat bersahabat dan produktif dengan melibatkan sejumlah budayawan, komunitas anak muda, serta pengajar yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan IGF.

Ruang lingkup penguatan diutamakan pada perumusan pemosisian IGF dalam skena budaya baik di lingkup lokal, nasional maupun internasional, serta identifikasi saluran media yang tepat sasaran. Mudiknya gamelan akan menjadi sebuah ajang yang kuat dan berpotensi menjadi festival yang berkelanjutan 5 sampai 10 tahun mendatang. Penonton yang sebagian besar adalah masyarakat Jawa Tengah diajak untuk menjadi bagian dari festival dengan berperan sebagai tuan rumah.

Menu