Festival

FESTIVAL BUDAYA SAMAN

Oktober - 24 November 2018

Gayo Lues, Aceh


Festival Budaya Saman terbesar di Indonesia akan digelar di Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam pada September - November 2018. Festival ini sudah digelar selama bertahun-tahun dengan format kompetisi. Namun, mulai tahun 2018, festival ini diperluas dengan melibatkan ratusan penampil serta puluhan komunitas dan kampung dengan tujuan merayakan keberadaan ekosistem pertunjukan Saman di kawasan Gayo Lues.

Di kancah internasional, Saman dikenal dengan sebutan "Dance of a thousand hands". Pada rapat Komite Antarnegara di Bali pada tanggal 24 November 2011, UNESCO menetapkan Saman sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) asal Indonesia.

Festival ini tidak hanya menjadi perayaan terbesar Saman sebagai seni pertunjukan asli Indonesia, tetapi juga sebagai budaya yang telah mendunia. Festival Budaya Saman merupakan suatu perhelatan kolosal yang menghidupkan karya cipta tanah kelahirannya. Penonton diajak menikmati, meresapi, serta mempelajari sebuah sistem budaya yang memuat berbagai nilai dan pranata yang mencerminkan karakter dan etos masyarakat Gayo.

Sebuah konsep baru diterapkan sebagai kegiatan utama pada festival ini, yakni tradisi Bejamu Saman, yaitu pergelaran Saman selama dua hari dua malam (Roa lo roa ingi). Dalam pergelaran ini, penari-penari dari dua kampung yang berbeda akan tampil secara bersamaan dan berbagi peran; antara tuan rumah dan tamu.

Menu