Festival

FESTIVAL PALU SALONDE PERCUSSION

Alunan Perkusi dari Palu Salonde Percussion

10-14 Agustus 2018

Palu, Sulawesi Tengah

Festival Palu Salonde Percussion merupakan salah satu festival pembuka rangkaian Festival Gaung Sintuvu. Festival ini akan diselenggarakan di Kota Palu pada 10-14 Agustus. Rangkaian festival ini akan turut diramaikan oleh ragam pentas seni dan kebudayaan. Mulai dari Karnaval Budaya, World Percussion, Perkusi Nusantara, dan Perkusi Ritual Tradisi. Dalam pembukaannya, Festival Salonde Percussion akan menampilkan Komunitas Sangu Patuju, gabungan kelompok perkusi di Sulawesi Tengah, yang akan membawakan musik etnik berupa alunan kendang, suling, dan kulintang. Tidak hanya itu, babak pembuka festival ini juga turut diramaikan oleh kelompok orkestra OCAS (Orquestra De Cámara De Siero) dari Spanyol yang akan menggelar Vinculos 2018. Vinculos adalah projek OCAS untuk mempromosikan integrasi sosial dan budaya melalui musik, dengan memperkenalkan perbedaan budaya, adat istiadat, serta pandangan hidup yang tanpa diskriminasi.

Selain itu, Festival Salonde Percussion juga menampilkan banyak kelompok perkusi lain selama empat hari gelarannya. Ada kelompok Perkusi Sulawesi dan kelompok perkusi kolosal “Pakaroso Ada” yang akan tampil pada 11 Agustus 2018. Ada pula kelompok Perkusi dari Jawa dan Bali yang akan mengisi Panggung Perkusi di Hutan Kota Kaombona, Palu pada 12 Agustus dan 13 Agustus.

Festival ini tentu tak sekadar mengenalkan perkusi melalui pentas kelompok-kelompok perkusi dari dalam dan luar negeri. Pengunjung yang ingin belajar lebih jauh mengenai perkusi dapat pula mengikuti workshop komposisi perkusi bertajuk “Karya Tanpa Batas” yang juga menjadi bagian dari festival Palu Salonde Percussion ini. Dalam workshop ini, peserta bisa mendapat bimbingan dari para mentor yaitu mantan personal Godbless, Gilang Ramadhan dan komposer internasional, Dr. Sutrisno Hartana.

Selain itu, Festival Palu Salonde Percussion juga meliputi pameran budaya, antara lain pameran benda cagar budaya, pameran kerajinan alat musik tradisi, dan pameran foto Palu Ngataku Dari masa ke masa. Festival ini kemudian akan ditutup di Hutan Kota Kaombona Palu dengan penampilan gebyar drum band dan kolaborasi perkusi oleh Kelompok Perkusi Nusantara pada 14 Agustus 2018.

Dalam pelaksanaannya, Festival Palu Salonde Percussion mengutamakan konsep Sintuvu atau semangat gotong-royong bagi masyarakat Sulawesi Tengah. Sintuvu berasal dari kata tuvu dalam bahasa setempat yang berarti hidup dan kata si yang berarti pekerjaan. Untuk menambah makna dari kedua kata tersebut, ditambahkan huruf “n” yang merujuk pada sebuah tindakan untuk saling bekerja sama. Oleh karena itu, realisasi festival Palu Solende Percussion didasarkan pada keterlibatan dan kolaborasi dengan berbagai pelaku seni dan budaya serta berjejaring dengan beberapa daerah di Indonesia dan mancanegara.

Menu